logo

    Kebijakan Privasi untuk SIPlah Innolaku

    Di SIPLah Innolaku, dapat diakses dari https://siplah.innolaku.id/, salah satu prioritas utama kami adalah privasi pengunjung kami. Dokumen Kebijakan Privasi ini berisi jenis informasi yang dikumpulkan dan dicatat oleh SIPlah Innolaku dan bagaimana kami menggunakannya.

    Jika Anda memiliki pertanyaan tambahan atau memerlukan informasi lebih lanjut tentang Kebijakan Privasi kami, jangan ragu untuk menghubungi kami.

    Log File

    SIPLah Innolaku mengikuti prosedur standar menggunakan file log. File-file ini mencatat pengunjung ketika mereka mengunjungi situs web. Semua perusahaan hosting melakukan ini dan merupakan bagian dari analisis layanan hosting. Informasi yang dikumpulkan oleh file log termasuk alamat protokol internet (IP), jenis browser, Penyedia Layanan Internet (ISP), cap tanggal dan waktu, halaman rujukan/keluar, dan mungkin jumlah klik. Ini tidak terkait dengan informasi apa pun yang dapat diidentifikasi secara pribadi. Tujuan dari informasi ini adalah untuk menganalisis tren, mengelola situs, melacak pergerakan pengguna di situs web, dan mengumpulkan informasi demografis. Kebijakan Privasi kami dibuat dengan bantuan Pembuat Kebijakan Privasi.

    Cookie dan Web Beacon

    Seperti situs web lainnya, SIPLah Innolaku menggunakan 'cookies'. Cookie ini digunakan untuk menyimpan informasi termasuk preferensi pengunjung, dan halaman di situs web yang diakses atau dikunjungi pengunjung. Informasi tersebut digunakan untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna dengan menyesuaikan konten halaman web kami berdasarkan jenis browser pengunjung dan/atau informasi lainnya.

    Untuk informasi lebih umum tentang cookie, silakan baca artikel "Apa Itu Cookie" di situs web Persetujuan Cookie .

    Kebijakan Privasi

    Anda dapat berkonsultasi dengan daftar ini untuk menemukan Kebijakan Privasi masing-masing mitra periklanan SIPLah Innolaku.

    Server iklan atau jaringan iklan pihak ketiga menggunakan teknologi seperti cookie, JavaScript, atau Web Beacon yang digunakan dalam iklan masing-masing dan tautan yang muncul di SIPLah Innolaku, yang dikirim langsung ke browser pengguna. Mereka secara otomatis menerima alamat IP Anda ketika ini terjadi. Teknologi ini digunakan untuk mengukur efektivitas kampanye iklan mereka dan/atau untuk mempersonalisasi konten iklan yang Anda lihat di situs web yang Anda kunjungi.

    Perhatikan bahwa SIPLah Innolaku tidak memiliki akses atau kontrol terhadap cookie ini yang digunakan oleh pengiklan pihak ketiga.

    Kebijakan Privasi Pihak Ketiga

    Kebijakan Privasi SIPLah Innolaku tidak berlaku untuk pengiklan atau situs web lain. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan Kebijakan Privasi masing-masing dari server iklan pihak ketiga ini untuk informasi lebih rinci. Ini mungkin termasuk praktik dan instruksi mereka tentang cara memilih keluar dari opsi tertentu.

    Anda dapat memilih untuk menonaktifkan cookie melalui opsi browser individual Anda. Untuk mengetahui informasi lebih rinci tentang manajemen cookie dengan browser web tertentu, dapat ditemukan di situs web masing-masing browser. Apa Itu Cookie?

    Informasi Anak

    Bagian lain dari prioritas kami adalah menambahkan perlindungan bagi anak-anak saat menggunakan internet. Kami mendorong orang tua dan wali untuk mengamati, berpartisipasi, dan/atau memantau serta memandu aktivitas online mereka.

    SIPLah Innolaku tidak secara sadar mengumpulkan Informasi Identifikasi Pribadi apa pun dari anak di bawah 13 tahun. Jika menurut Anda anak Anda memberikan informasi semacam ini di situs web kami, kami sangat menganjurkan Anda untuk segera menghubungi kami dan kami akan melakukan yang terbaik upaya untuk segera menghapus informasi tersebut dari catatan kami.

    Hanya Kebijakan Privasi Online

    Kebijakan Privasi ini hanya berlaku untuk aktivitas online kami dan berlaku untuk pengunjung situs web kami sehubungan dengan informasi yang mereka bagikan dan/atau kumpulkan di SIPLah Innolaku. Kebijakan ini tidak berlaku untuk informasi apa pun yang dikumpulkan secara offline atau melalui saluran selain situs web ini.

    Persetujuan

    Dengan menggunakan situs web kami, Anda dengan ini menyetujui Kebijakan Privasi kami dan menyetujui Syarat dan Ketentuannya.

    Syarat & Ketentuan

    DEFINISI

    Sistem Informasi Pengadaan Pembeli (SIPLah) adalah sistem elektronik yang dapat digunakan oleh Pembeli untuk melaksanakan proses Pengadaan Barang dan Jasa Pembeli (PBJ) secara daring yang dananya bersumber dari dana BOS.

    SIPLah memfasilitasi Pembeli untuk mencari informasi dan melakukan pembelian Barang dan Jasa Pembeli, melakukan pemantauan pemenuhan pesanan, melaksanakan pembayaran non tunai, dan mengelola dokumentasi proses serta bukti transaksi PBJ.

    Ekosistem Bisnis dalam SIPLah akan melibatkan peran dan institusi sebagai berikut:

    1. Pemilik SIPLah, yaitu Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
    2. Mitra SIPLah, yaitu: Mitra Pasar Daring dan Mitra Pembayaran
    3. Pengguna SIPLah, yaitu: Penjual barang , pembeli barang dan Direktorat Teknis Kemdikbud

    SIPLah dapat meningkatkan akuntabilitas, transparansi dan efektifitas serta pengawasan PBJ Pembeli yang dananya bersumber dari Dana BOS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

    SIPLah memenuhi kebutuhan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam melakukan pengawasan atas proses pengadaan Barang dan Jasa Pembeli Pembeli serta realisasi penggunaan dana BOS sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

    SYARAT DAN KETENTUAN

    Syarat & ketentuan dalam hal ini diartikan sebagai perjanjian antara pengguna dengan Innolaku dimana di dalamnya dimuat seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab pengguna dan Innolaku, tidak terkecuali tata cara penggunaan sistem layanan Innolaku yang berisikan :

    Situs SIPLah Innolaku adalah siplah.innolaku.id

    Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Innolaku, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual ataupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs Innolaku.

    Penjual adalah pengguna terdaftar yang membuka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu barang/produk kepada para pengguna situs Innolaku.

    Pembeli adalah pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas barang/produk yang dijual oleh penjual di situs Innolaku.

    Barang adalah benda fisik yang berwujud dan dapat diantar memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman barang.

    Saldo escrow adalah fasilitas penampungan sementara atas dana milik penjual, yang disediakan Innolaku untuk menampung dana hasil penjualan barang/produk pada situs Innolaku.

    Rekening resmi Innolaku adalah rekening bersama yang disepakati oleh Innolaku dan para pengguna untuk proses transaksi jual beli di situs Innolaku.

    KETENTUAN UMUM

    1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak menerapkan skema insentif keuangan dalam bentuk apapun dengan Innolaku dan Pembeli.
    2. Innolaku tidak boleh melakukan pengenaan pungutan biaya dan/atau komisi apapun kepada Pembeli dan Penjual.
    3. Innolaku diperkenankan memperoleh manfaat baik finansial maupun non finansial dengan skema yang tidak membebani Pembeli, Penjual dan Pemilik SIPLah.
    4. Layanan Innolaku tersedia selama hari kerja Senin s.d. Jumat dan selama jam 08.00-17.00 WIB.
    5. Pembeli melakukan proses PBJ secara online melalui Innolaku dengan metode pemilihan Pembelian Langsung dengan nilai paling banyak Rp 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah) per transaksi.
    6. Pembeli wajib melakukan banding dan negosiasi untuk transaksi diatas Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) dan menyimpan dokumentasi atas riwayat banding dan negosiasi tersebut.
    7. Pembayaran oleh Pembeli dilakukan secara transfer sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
    8. Pembayaran transfer disalurkan ke Rekening Resmi Innolaku dan harus diteruskan ke rekening milik Penjual setelah pembayaran diverifikasi Innolaku .Innolaku menyediakan layanan rekonsiliasi transaksi dan pembayaran.
    9. Innolaku menyediakan fitur Nego dan fitur Komplain bagi Pengguna, untuk menyampaikan pertanyaan, melakukan negosiasi harga, memastikan ketersediaan Barang, waktu pengiriman Barang, biaya pengiriman, serta keluhan antara Penjual dan Pembeli.
    10. Harga Barang yang dicantumkan dalam Innolaku adalah harga yang ditetapkan oleh Penjual. Penjual dan Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat ketidaksepahaman antara Penjual dan Pembeli tentang harga Barang bukan merupakan tanggungjawab Innolaku.
    11. Penjual dan Pembeli memahami dan menyetujui sepenuhnya apabila tarif pengiriman Barang sesuai dengan jasa logistik yang disepakati antara Penjual dan Pembeli. Apabila terdapat selisih biaya pengiriman Barang, maka hal tersebut bukan menjadi tanggung jawab Innolaku.
    12. Dalam hal terjadi permasalahan dalam proses pengiriman Barang oleh jasa logistik yang telah disepakati, maka pihak jasa logistik bertanggung jawab sepenuhnya untuk mengatasi masalah dan bukan menjadi tanggung jawab Innolaku.
    13. Jika terjadi proses retur (pengembalian) Barang, maka Penjual dan Pembeli diwajibkan untuk melakukan pengiriman Barang langsung ke masing-masing pihak. Innolaku tidak menerima pengembalian atau pengiriman Barang atas transaksi yang dilakukan dalam kondisi apapun.
    14. Apabila ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini, termasuk namun tidak terbatas pada kecurangan, manipulasi atau kejahatan, maka Pengguna (Penjual dan/atau Pembeli) memahami dan menyetujui bahwa Innolaku berhak melakukan tindakan pemeriksaan, pembekuan, penundaan dan/atau pembatalan terhadap pelepasan dana yang dilakukan oleh Pengguna.
    15. Pengguna (Penjual dan / atau Pembeli) membebaskan Innolaku dari tuntutan ganti kerugian serta menjaga Innolaku (termasuk PT Deka Sari Perkasa, beserta Direksi dan karyawan dari setiap tuntutan dan klaim, juga termasuk biaya – biaya yang secara wajar dikeluarkan untuk menghadapi tuntutan dan klaim, yang timbul dari Pihak Ketiga, ketika Pengguna melakukan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini, pemanfaatan layanan Innolaku yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini, termasuk juga pelanggaran yang Pengguna lakukan terhadap hak – hak yang dimiliki oleh Pihak Ketiga.

    KETENTUAN PEMBELI

    Pengguna yang melakukan pembelian Barang (Pembeli) wajib melakukan transaksi sesuai dengan prosedur yang ada di Innolaku. Pembeli wajib menggunakan metode pembayaran transfer antar bank, sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Innolaku akan meneruskan dana dari Pembeli kepada Penjual apabila tahapan transaksi jual beli pada Innolaku telah berstatus pembayaran diverifikasi.

    1. Pembeli harus memasukkan data Pembeli yang sesuai dengan data Pembeli di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, saat melakukan registrasi Pengguna di Innolaku;
    2. Pembeli bertanggungjawab membaca, memahami dan menyetujui informasi/deskripsi Barang yang dicantumkan oleh Penjual, sebelum membuat tawaran, negosiasi atau komitmen untuk membeli melalui Innolaku.
    3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Barang dapat berubah sewaktu-waktu dan merupakan tanggung jawab Penjual yang menawarkan Barang tersebut.
    4. Pembeli diminta untuk memastikan ketersediaan Barang terlebih dahulu dengan Penjual, sebelum melakukan transaksi di Innolaku.
    5. Pembeli akan berkoordinasi dengan Penjual melalui fitur Nego dan/atau fitur Komplain yang tersedia di Innolaku, untuk menyampaikan pertanyaan, negosiasi harga, ketersediaan Barang, waktu pengiriman Barang, biaya pengiriman, serta keluhan, baik sebelum transaksi dilakukan maupun sesudah barang diterima oleh Pembeli.
    6. Pembeli bertanggung jawab untuk memastikan Barang yang diterima dari Penjual telah sesuai dengan yang dipesan.
    7. Pembeli dianggap telah menerima Barang dengan baik dan bersedia melakukan pembayaran sesuai dengan tagihan.
    8. Pembeli wajib melakukan pembayaran sesuai tagihan ke nomor rekening yang telah ditentukan dalam Innolaku dengan metode pembayaran transfer bank.
    9. Segala transaksi yang dilakukan antara Pembeli dan Penjual selain melalui rekening yang telah ditentukan dalam Innolaku dan/atau tanpa sepengetahuan Innolaku (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan diluar sistem Innolaku dan pengaturan transaksi atau upaya lainnya, seperti melakukan transaksi dengan sistem COD (Cash On Delivery) atau tunai langsung ke Penjual) di luar Innolaku adalah TIDAK menjadi tanggung jawab PT Deka Sari Perkasa.
    10. Dalam hal terjadinya pengembalian dana dari Innolaku ke Pembeli, maka Innolaku berhak memotong langsung biaya layanan transfer antar bank sesuai ketentuan bank asal.
    11. Kesepakatan yang terjadi melalui fitur Negosiasi dan/atau fitur Komplain antara pihak Pembeli dan Penjual, bukan menjadi tanggung jawab Innolaku. Atas kebijakan sendiri Innolaku berhak menggunakan data histori antara Pembeli dan Penjual yang tersimpan di fitur Negosiasi dan/atau fitur Komplain Innolaku apabila dikemudian hari diperlukan dan/atau diminta untuk kepentingan Negara.
    12. Innolaku berwenang mengambil keputusan untuk meneruskan segala permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan bukti-bukti yang ada kepada pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pengawas PBJ Pembeli. Keputusan yang diambil oleh Pengawas PBJ Pembeli merupakan keputusan akhir bagi permasalahan yang dihadapi oleh Pembeli dan Penjual, yang harus ditaati.

    KETENTUAN PENJUAL

    1. Saat melakukan registrasi, Penjual wajib melengkapi data diri/perusahaan dan mengunggah dokumen-dokumen berupa dokumen Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP)/ Nomor Induk Berusaha (NIB).
    2. Penjual tidak diperkenankan menawarkan Barang yang melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan, termasuk tapi tidak terbatas pada isu SARA atau pornografi.
    3. Penjual wajib menjawab semua pertanyaan yang dilemparkan oleh pembeli di kolom diskusi.
    4. Penjual dilarang melakukan duplikasi produk atau tindakan-tindakan lain yang dapat diindikasikan sebagai usaha persaingan tidak sehat.
    5. Penjual tidak diperbolehkan mengubah data nama toko, email, dan nomor telepon yang sudah didaftarkan di Innolaku.
    6. Penjual wajib memberikan informasi tentang kondisi barang dengan menyatakan secara jelas status “Barang Baru” atau “Barang Tidak Baru”.
    7. Penjual dilarang untuk menjual Barang PALSU atau bajakan atau kw.
    8. Penjual wajib memberikan jaminan, bahwa Barang dapat diterima oleh Pembeli sesuai pesanan dan dalam kondisi baik.
    9. Penjual wajib menentukan harga Barang sudah termasuk PPN dan PPh, atau belum.
    10. Harga Barang yang ditampilkan belum termasuk biaya pengemasan dan pengiriman.
    11. Penjual wajib menanggapi pertanyaan atau keluhan dari Pembeli dan wajib melakukan negosiasi dengan Pembeli, pada fitur Nego dan/atau fitur Komplain.
    12. Kesepakatan yang terjadi antara Penjual dan Pembeli melalui fitur Nego dan/atau fitur Komplain, tidak menjadi tanggung jawab Innolaku atau PT Deka Sari Perkasa.
    13. Harga yang tercantum dalam bukti transaksi sudah termasuk biaya pengemasan, dan pengiriman.
    14. Penjual dilarang memanipulasi harga Barang dan dilarang menetapkan harga yang tidak wajar untuk Barang yang ditawarkan di Innolaku.
    15. Kesalahan dalam penulisan harga Barang atau yang tercantum di Innolaku adalah sepenuhnya tanggung jawab Penjual.
    16. Kesalahan spesifikasi , warna, dan lainnya adalah sepenuhnya tanggung jawab penjual.
    17. Penjual dapat memilih untuk menerima atau menolak pesanan dalam waktu maksimal 2 x 24 jam (hari kerja). Apabila Penjual tidak merespon, maka pesanan akan otomatis dibatalkan.
    18. Penjual harus memiliki komitmen untuk melakukan pengiriman sesuai dengan tanggal pengiriman pesanan yang sudah ditetapkan sebelumnya.
    19. Penjual menyetujui dikenakan denda keterlambatan jika terjadi keterlambatan pengiriman dari waktu yang telah disepakati dalam pesanan.
    20. Penjual memberikan pilihan kurir pribadi untuk melakukan pengiriman pesanan selain jasa pengiriman yang disediakan Innolaku.
    21. Dalam pengiriman pesanan Barang, Penjual wajib memasukkan BAST (Berita Acara Serah Terima) agar dapat ditandatangani oleh Pembeli.
    22. Penjual dapat mengingatkan Pembeli untuk melakukan konfirmasi penerimaan Barang yang dipesan agar selanjutnya Penjual dapat menerbitkan faktur tagihan.
    23. Penjual akan menerima pembayaran dari setelah faktur tagihan diproses oleh Pembeli.
    24. Innolaku akan meneruskan pembayaran ke Penjual setelah dana dari Pembeli diterima dan diverifikasi.
    25. Dalam hal terjadinya pembayaran atas hasil penjualan dari Innolaku ke Penjual, maka Innolaku berhak memotong langsung biaya layanan transfer antar bank sesuai ketentuan bank asal.